Jumat, 02 November 2012

Mobilitas Sosial


BAB IV
Mobilitas Sosial
1   Standar Kompetensi
     1. Memahami struktur sosial serta berbagai faktor penyebab konflik dan mobilitas sosial
2   Kompetensi dasar
     1.3    Menganalisis hubungan antara struktur sosial dengan mobilitas sosial
3   Indikator
3.1 Menjelaskan pengertian mobilitas sosial
3.2 Menjelaskan bentuk-bentuk mobilitas sosial
3.3 Menjelaskan faktor pendorong mobilitas sosial
3.4 Menjelaskan faktor penghambat mobilitas sosial
3.5 Menjelaskan cara-cara masyarakat menimbulkan mobilitas sosial
3.6 Menjelaskan saluran-saluran mobilitas sosial
3.7 Menjelaskan pengaruh positif mobilitas sosial
3.8 Menjelaskan pengaruh negatif mobilitas sosial
3.9 Menjelaskan macam-macam konflik yang disebabkan oleh mobilitas sosial

4   Pengertian Mobilitas Sosial
4.1   Horton dan Hunt
            Yakni gerak perpindahan dari satu kelas sosial ke kelas sosial lainnya. Mobilitas bisa merupakan peningkatan atau penurunan dari segi status sosial
4.2   Kimbal Young
            Tujuan mempelajari mobilitas sosial adalah untuk mendapatkan keterangan tentang kelanggengan dan keluwesan struktur sosial suatu masyarakat tertentu.
4.3   Craig Calhoun
            Yakni menunjuk pada gerakan dari satu kedudukan atau tingkat sosial ke yang lainnya. Hal itu mungkin berupa naik ke atas dalam tangga sosial, memanjat ke puncak, atau terjun ke bawah.
4.4   Borgatta
            Yakni gerakan orang perorang, keluarga-keluarga atau kelompok-kelompok dari satu kedudukan soaial ke yang lainnya.
4.5   David L. Sills
            Yakni sebagai gerakan melalui "ruang sosial" dari satu kategori status (asal) ke kategori sosial lainnya (tujuan). Mobilitas dipandang sebagai perubahan-perubahan dapam posisi sosial atau status sosial.
4.6   Anthony Giddens
            Yakni menunjuk kepada gerakan dari orang per orang dan kelompok-kelompok di antara kedudukan- kedudukan sosial ekonomi yang berbeda.
4.7   Soerjono Soekanto
            Yakni sebagai suatu gerak dalam struktur sosial, yaitu pola-pola tertentu yang mengatur organisasi suatu kelompok sosial.
4.8   Kesimpulan
            Inti dari mobilisasi yakni perpindahan status sosial. Perpindahan ini berkaitan dengan pelapisan sosial yang ada dalam masyarakat. Jadi perubahan itu terjadi dalam "ruang sosial".
            Pihak yang bergerak atau berpindah yakni manusia warga masyarakat baik sebagai orang per orang, atau kelompok sosial termasuk keluarga di dalamnya.
            Bergerak atau berpindahnya orang per orang atau kelompok-kelompok dalam pelapisa sosial itu bisa bersifat vertikal maupun horisontal.
          Perpindahan itu menyangkut status, kedudukan sosial ekonomi, posisi atau kelas sosial dari seseorang atau kelompok tertentu di masyarakat.

5   Bentuk Mobilitas Sosial
5.1   Mobilitas Horizontal
            Yakni merupakan peralihan induvidu atau objek-objek sosial dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial lainnya yang sederajat.
            Contoh, Pak Heru pada awalnya guru Sosiologi di SMK. Oleh karena jaraknya terlalu jauh dari rumah, maka beliau mengajukan pindak ke SMA sebagai guru Sosiologi. Dari contoh di atas P Heru tidak mengalaman perubahan status. Beliau tetap sebagai guru Sosiologi di sekolah yang sederajat.

5.2   Mobilitas Sosial Vertikal
            Yakni perpindahan induvidu atau objek-objek sosial dari suatu kedudukan soaial tertentu ke kedudukan sosial lainnya yang tidak sederajat.
5.2.1 MS Vertikal ke atas (social climbing)
                     Masuk ke dalam kedudukan yang lebih tinggi
                     Yakni ditandai dengan masuknya induvidu-induvidu yang mempunyai kedudukan rendah ke dalam kedudukan yang lebih tinggi. Contoh, Pak Muhammad sebagai guru SMA karena prestasinya bagus maka Beliau diangkat sebagai Kepala Sekolah.
                     Membentuk kelompok baru
                     Yakni terjadi pembentukan suatu kelompok baru yang kemudian ditempatkan pada derajat yanga lebih tinggi dari pada kedudukan induvidu pembentuk kelompok tersebut. Contoh, pembentukan dewan pembina dalam struktur organisasi yang dulunya tidak ada dalam struktur kepengurusan. Sebagai contoh Pak Taqiyuddin adalah anggota salah satu organisasi, beliau sangat aktif. Karena keaktifannya, ia dan beberapa temannya yang sama-sama aktif diberi kehormatan oleh seluruh anggota tersebut untuk diangkat menjadi dewan pembina.
5.2.2 MS Vertikal ke bawah (social sinking)
                     Turunnya kedudukan
                     Contoh, seorang pengusaha yang menggeluti usaha di bidang mebelair tiba-tiba bangkrut karena banyak yang tidak membayar kemudian bangkrut. Suatu hari pengsaha ini membuka usaha tambal ban di pinggir jalan.
                     Turunnya derajat kelompok
                     Pada bentuk ini, derajat sekelompok induvidu dan kelompok merupakan satu kesatuan. Contoh, penurunan derajat kelompok yakni penurunan penghargaan masyarakat terhadap bangsawan, karena perubahan sistem pemerintahan dari monarki ke republik.

5.3   Mobilitas Antargenerasi
5.3.1 Mobilitas anatargenerasi naik
5.3.2 Mobilitas antargenerasi turun
5.4   Mobilitas Intragenerasi
            Yakni mobilitas dua generasi atau lebih,misalnya generasi ayah-ibu, generasi anak-anak, generasi cucu dan seterusnya. Mobilitas ini ditandai dengan perkembangan taraf hidup, baik naik maupun turun dalam suatu generasi
            Contoh, banyak mantan pejuang kemerdekaan yang beralih profesi menjadi pengusaha, pemuda angkatan 90-an memiliki kesempatan yang luas untuk mengembangkan iptek karena hidup ditengah-tengah era globalisasi dan industrialisasi.
5.5   Mobilitas Gerak sosial Geografi
            Yakni perpindahan induvidu atau kelompok dari satu daerah ke daerah lain, misalnya transmigrasi, urbanisasi, dan migrasi.
            Contoh, banyak warga masyarakat desa yang dulunya petani mengadu nasib di kota-kota besar menjadi pedagang, sopir, dan pembantu rumah tangga. Contoh lain, abanyak warga masyarakat sekitar gunung berapi pindah ke daerah pantai karena gunung akan meletus.

Uji Penguasaan materi
1.  Mobilits sosial memiliki kaitan erat dengan ... .
2.  Mobilitas sosial dapat terjadi secara ... dan ... .
3.  Peralihan induvidu atau objek-objek sosial dari suatu kelompok sosial ke kelompok sosial yang lainnya yang sederajat disebut ... .
4.  Mobilitas sosial vertikal terjadi dari ... dan ... .
Peralihak ststus sosial yang terjadi dalam satu generasi yang sama disebut ... .

Jawaban:
1.  stratifikasi sosial
2.  vertikal dan horizontal
3.  mobilitas sosial horizontal
4.  vertikal ke atas dan ke bawah
5.  mobilitas intragenerasi

6   Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Mobilitas sosial
6.1   Faktor Pendorong Mobilitas sosial
6.1.1 Perubahan kondisi sosial
         Struktur kasta dan kelas dapat berubah dengan sendirinya menjadi lebih terbuka. Kemajuan teknologi serta perubahan ideologi dapat menimbulkan stratifikasi baru.
6.1.2 Ekspansi teritorial (peluasan daerah) dan gerak populasi
         Ekspansi teritorial dan perpindahan penduduk misalnya karena perkembangan kota dan transmigrasi dapat mendorong terjadinya mobilitas sosial.
6.1.3 Komunikasi yang bebas
         Komunikasi yang bebas dan efektif akan memudarkan semua garis batas antaranggota sosial yang ada di masyarakat.
6.1.4 Pembagian kerja
         Semakin spesifik pekerjaan yang da di masyarakat, semakinsedikit pula kemungkinan induvidu berpindah dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain
6.1.5 Tingkat fertilitas (kelahiran) yang berbeda
         Kelompok masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi dan pendidikan rendah, tingkat fertilitasnya tinggi, sedang kelompok masyarakat yang memiliki tingkat ekonomi dan pendidikan tinggi, tingkat fertiltasnya rendah. Kelompok masyarakat yang memiliki ekonomi dan pendidikan rendah mempunyai kesempatan untuk bereproduksi dan memperbaiki kualitas keturunannya.
6.1.6 Situasi politik
          Kondisi politik suatu negara yang tidak stabil memungkinkan banyak penduduknya mengungsi ke negara yang lebih aman.

6.2   Faktor Penghambat Mobilitas sosial
6.2.1 Perbedaan ras dan agama
     Pebedaan ini dapat menimbulkan perbedaan status sosial. Contoh perbedaan ras di Afrika Selatan, sistem kasta di india, dalam agama orang tidak bebas pindah agma.
6.2.2 Dekriminasi kelas dalam sistem kelas terbuka
     Hal ini terbukti dengan adanya pembatasan keanggotaan suatu organisasi tertentu dengan berbagai syarat dan ketentuan, misal anggota DPR 500 orang.
6.2.3 Kelas-kelas sosial
     Ini menjadi subkultur tempat induvidu berkembang dan mengalami proses sosialisasi. hal ini menjadi pembatas mobilitas ke atas. Contoh anak dari ekonomi rendah cenderung hidup dalam masyarakat yang rendah. Sosialisasi di lingkungangan rendah ini mengukuhkan sang anak hidup dengan pola pikir masyarakat rendah.
6.2.4 Kemiskinan
     Kemiskinan dapat mebatasan kesempatan bagi seseorang untuk berkembang dan mencapai status sosial tertentu. Contoh agus tidak bisa melanjutkan sekolah karena orang tua tidak bisa membiayai.
6.2.5 Perbedaan jenis kelamin (gender) dalam masyarakat
     Di masyarakat pedesaan bahwa seorang wanita hanyalah sebagai ibu rumah tangga. Hal ini dipengaruhi oleh pandangan yang umum di masyarakat.

Uji Penguasaan Materi
1.  Diskriminasi kelas dalam sistem kelas terbuka dapat menghalangi ... .
2.  faktor pendorong mobilitas sosial yakni ..., ..., ..., ..., dan ... .
3.  Mobilitas sosial dapt terjadi di negara dengan kondisi politik yang ... .
4.  Dari sisi gender, dalam pandangan masyarakat, yang lebih mudah melakukan mobilitas sosial yakni ... .

Jawaban:
1.  mobilitas sosial
2.  perubahan kondisi sosial, ekspansi teritorial, komunikasi yang bebas, pembagian kerja, tingkat fertilitas, dan situasi politik.
3.  kondisi politik yang tidak stabil
4.  kaum laki-laki

7   Cara Melakukan Mobilitas sosial dan Salurannya (Pitirim A. Sorokin)
7.1   Cara Melakukan Mobilitas sosial
7.1.1 Perubahan standar hidup
          Kenaikan penghasilan tidak menaikan status secara otomatis, tetapi akan merefleksikan standar hidup yang lebih tinggi. Hal ini akan mempengaruhi peningkatan status.
7.1.2 Perubahan tempat tinggal
          Untuk meningkatkan status sosial,seseorang dapat pindah tempat tinggal ke yang lebih baik, dengan fasilitas lingkungan sosial, keamanan yang lebih baik.
7.1.3 Perubahan tingkah laku
          Untuk mendapatkan status sosial yang lebih tinggi, orang berusaha menaikkan status sosialnya dan mempraktikkan bentuk tingkah laku kelas yang lebih tinggi, pakaian, ucapan, minat dan sebagainya.
7.1.4 Perubahan nama
          Bagi orang Jawa sebutan "kang" sebutan untuk laki-laki biasa. Jika lelaki itu diangkat sebagai pengawas pamong praja, maka kang berubah menjadi "raden".
7.1.5 Pernikahan
          Pernikahan dapat meningkatkan status sosial ke tingkat yang lebih tinggi. Contoh, seseorang yang berasal dari keluarga yang sederhana menikah dengan orang dari keluarga kaya.
7.1.6 Bergabung (berafiliasi) dengan asosiasi tertentu
          Contoh orang yang tidak berpendidikan dapat bergabung dengan ormas, ia menyadari potensi dalam dirinya, akhirnya dia diangkat menjadi ketua organisasi itu dan populer di masyarakat.

7.2   Saluran-Saluran mobilitas Sosial (social circulation)
7.2.1 Angkatan bersenjata
          Merupakan organisasi yang dapat digunakan untuk saluran mobilitas vertikal ke atas melalui tahaban yang disebut kenaikan pangkat.Di Indonesia banyak prajurit yang menduduki sebagai bupati, walikota, gubernur.
7.2.2 Lembaga-lembaga keagamaan
          Meskipun tidak brpendidikan formal yang tinggi, seorang ulama kan dihormati lebih dibanding masyarakat umum. Contoh lain pendeta, pastor dll.
7.2.3 Lembaga pendidikan
          Pendidikan merupakan saluran yang konkrit untuk mobilitas vertikal naik. Bahkan pendidikan sering dianggap sebagai social elevator (perangkat mengangkat derajat seseorang. anak seorang nelayan bisa menjadi pengusaha besar berkat pendidikan yang tinggi.
7.2.4 Organisasi politik
          Seorang anggota parpol yang pandai kemungkinan besar akan dicalonkan menjadi anggota DPR
7.2.5 Organisasi ekonomi
          Ukuran yang menjadi dasar saluran gerak sosial berupa kekayaan. Oleh karena itu BUMN, Persero, atau PT dapat menjadi saluran mobilitas vertikal naik.
7.2.6 Organisasi keahlian
          Melalui organisasi keahlian orang dapat menjadi terkenal dan menduduki lapisan atas di masyarakat lingkungannya. Contoh, ICMI, PGRI, IDI dll.
7.2.7 Saluran pernikahan
          Seseorang yang menikah dengan orang yang memiliki status terpandang kan dihormati karena pengaruh pasangannya.
7.3 Uji Penguasaan Materi
1.  Proses gerak sosial vertikal melalui sebuah saluran disebut ... .
2.  Ahli yang mengidentifikasikan saluran tertentu untuk melakukan mobilitas sosial yakni ... .
3.  Mobilitas sosial menguntungkan terdapat pada sistem sosial masyarakat ... .

Jawaban:
1.  social sirculation
2.  Pitirim a. sorokin
3.  terbuka (demokrasi)

8   Hubungan Mobilitas Sosial dengan Struktur Sosial
     Gerak naik dan turunnya status sosial tertentu dapat memberikan konskuensi dapat mendatangkan berbagai reaksi yakni konflik. Berikut adalah berbagai macam konflik yang muncul dalam masyarakat akibat mobilitas.
8.1   Konflik antar kelas
       Dalam masyarakat terdapat lapisan-lapisan sosial karena adanya ukuran-ukuran seperti kekayaan, kekuasaan, dan pendidikan. Kelompok-kelompok ini disebut "kelas sosial". Contok anak seorang pembantu berhasil menyelesaikan pendidiikan S1 dan mendapat pekerjaan yang terhormat, sedang anak majikannya lulus S1 tetapi mengnggur. Hal ini menimbulkan rasa isri dan benci dalam diri anak-anak majikan ibunya.
8.2   Konflik antarkelompok sosial
       Dalam masyarakat terdapat kelompok sosial yang beragam, misalnya ideologi, profesi, agama, ras, suku dll.Jika salah satu kelompok ingin menguasai kelompok lain akan timbul konflik. Contoh satu kelompok suku di Indonesia yang menguasai perekonomian di masyarakat. Hal ini akan timbul kesenjangan dan kecemburuan sosial yang tinggi dari suku tertentu. Konflik antar etnis timbul karena ketidakpuasan.
8.3   Konflik antargenerasi
       Antara generasi tua dan generasi muda. Generasi tua menghendaki nilai-nilai kesusilaan agar dijunjing tinggi bagi kaum muda. Tetapi golongan muda mengganggap golongan tua kolot, kuno, tidak mau mengikuti perkembangan, maka yang tejadi konflik antargenerasi.
8.4   Penyesuaian kembali
       Setiap konflik ingin menguasai atau mengalahkan lawan. bagi pihak yang berkonflik, jika menyadari konflik itu dapat merugikan kelompoknya maka akan timbul penyesuaian kembali yang didasari rasa toleransi. penyesuaian ini disebut akomodasi.
Dampak Positif Konflik
-    Orang-orang berusaha untuk berprestasi untuk maju karena adanya kesempatan untuk pindah strata. Contoh Jika ingin jadi gubernur, ia harus mau bersaing untuk mengalahkan calon lainya.
-    Mobilitas akan mempercepat tingkat perubahan sosial masyarakat ke arah yang lebih baik. Contoh Indonesia yang sedang mengalamai perubahan dari agraris ke indudtri. Perubahan ini akan lebih cepat jika didukung SDA dan peningkatan mutu pendidikan.

9.  Pengaruh Mobilitas Sosial
     9.1   Pengaruh positif
            9.1.1  Mobilitas sosial memungkinkan masyarakat untuk mengisi jabatan-jabatan yang ada dngan orang yang paling ahli di bidangnya. Prinsip “the right man on the right place” (orang yang tepat, di tempat / posisi yang tepat) dapat dipenuhi sehingga diharapkan masyarakat dapat berfungsi dengan baik.
            9.1.2  Mobilitas juga memberikan kesempatan bagi setiap orang untuk mencapai tujuan hidupnya. Dalam masyarakat yang terbuka, setiaporang ditantang untuk berusaha dan berprestasi agar mengalami mobilitas vertical.
            9.1.3  Dengan terbukanya kesempatan bagi mobilitas sosial, dimungkinkan berlangsungnya pengembangan kepribadian warga masyarakat secara optimal.
     9.2   Pengaruh negative
            9.2.1  Terjadinya ketegangan dalam mempelajari peran baru dari jabatan barunya.
            9.2.2  Keretakan hubungan antara anggota kelompok primer karena berpindah ke status yang lebih tinggi.
            9.2.3  Kekhawatiran akan beban tanggung jawab baru.
            9.2.4  Ketegangan hubungan antaranggota keluarga karena meningkatnya kesibukan yang diakibatkan oleh jabatan yang baru.
            9.2.5  Terjadinya konflik sosial.
            9.2.6  Terjadinya tindakan criminal yang diakibatkan oleh mobilitas sosial vertical ke bawah yang dialami kelompok sosial tertentu.
            9.2.7  Munculnya ketidakpuasan di kalangan masyarakat.

Uji Penguasaan Materi
1.  Hal yang terjadi apabila mobilitas sosial yang ada bertentangan dengan struktur sosial yakni ... .
2.  Kelas sosial dalam masyarakat menunjukan adanya ... .
3.  Konflik antarkelompok didasari pada ... da ... .
4.  Perbedaan nilai yang dimiliki oleh generasi yang berbeda mengakibatkan ... .
5.  Dampak positif dari mobilitas sosial yakni .. dan ... .

Jawaban:
1.  konflik
2.  kelompok dalam lapisan sosial
3.  penguasaan dan pemaksaan atas kelompok lain
4.  konflik antargenerasi
5.  orang akan berusaha untuk berprestasi dan mempercepat perubahan sosial ke arah yang lebih baik.

Formatif 3
Berilah tanda silang (X) pada huruf a,b,c,d, atau e terhadap jawaban yang benar!
1.  Kata mobilitas berasal dari bahasa latin yang artinya ... .
     a.  mudah dipindahkan
     b.  perpindahan status
     c.  perubahan status
     d.  interaksi
     e.  ketergantungan

2.  Perpindahan status soail yang dialami seseorang atau kelompok dalam lapisan sosial yang sama adalah ... .
     a.  mobilitas horizontal
     b.  mobilitas vertikal
     c.  mobilitas antargenerasi
     d.  mobilitas intragenerasi
     e.  mobilitas gerak sosial geografis

3.  Pak ahmad dikenal sebagai petani dan ulet. Beliau berhasil menyekolakan anaknya sampai menjadi sarjana dan mendapatkan pekerjaan yang bagus. Contoh kasus di atas menunjukkan terjadinya mobilitas sosial ... .
     a.  horizontal
     b.  antarkelas
     c.  intragenerasi
     d.  antargenerasi
     e.  geografis

4.  Yang termasuk contoh mbilitas vertikal ke atas yakni ... .
     a.  Adi dahulu sopir taksi, sekarang menjadi manager
     b.  Aminah dahulu bidan di desa sekarang pindah jadi bidan di kota
     c.  Johan dulu pegawai negri karena sering tidak masuk dikeluarkan, sekarang jadi soper
     d.  Hana dahulu petani padi, sekarang petani the
     e.  Ida dulu pedagang ayam, sekarang penjual sate ayam

5.  Mobilitas sosial vertical ke atas berbeda dengan mobilitas vertical ke bawah sebab untuk mendapatkan tempat dalam kelas sosial yang lebih tinggi harus melalui … .
     a.  kerjasama yang kuat
     b.  konflik yang keras
     c.  persaingan yang ketat
     d.  penyesuaian yang tepat
     e.  bantuan dana yang besar

6.  Mobilitas sosial vertical antargenerasi yang dapat menimbulkan konflik generasi antara lain … .
     a.  anak muda berhasil menjadi pelopor pembangunan desa
     b.  generasi muda mengambil alih kepemimpinan generasi tua
     c.  seorang anak dari keluarga sederhana menjadi sarjana
     d.  anak pengrajin mengembangkan usaha orang tuanya
     e.  anak pegawai rendahan bekerja sebagai pramuniaga

7.  Lembaga pendidikan merupakan salah satu media mobilisasi sosial ke atas sebab … .
     a.  pendidikan memerlukan dana yang besar
     b.  pendidikan telah meningkatkan kualitas manusia
     c.  pendidikan telah tersebar di seluruh Indonesia
     d.  sejak zaman penjajahan pendidikan sudah ada
     e.  pendidikan memerlukan waktu relative lama

8.  Transmigrasi penduduk Pulau Jawa ban Bali merupakan mobilitas geografis yang didorong oleh factor … .
     a.  peningkatan taraf hidup
     b.  semangat merantau
     c.  kebijakan politik
     d.  mencari kebebasan
     e.  kualitas lingkungan alam

9.  Perhatikan contoh berikut ini!
     1.  Konflik antarpartai / kelompok.
     2.  Adanya integrasi antargenerasi.
     3.  Penjarahan akibat kesenjangan ekonomi.
     4.  Mempertahankan kepentingan status quo.
     5.  Terjadinya perselisihan antarwarga.
     Berdasarkan contoh di atas yang termasuk konskuensi negative dari mobilitas sosial ditunjukkan oleh nomor … .
     a.  1,2, dan 3
     b.  1,2, dan 4
     c.  1,2, dan 5
     d.  1,3, dan 4
     e.  1,3, dan 5

10.   Perhatikan beberapa saluran mobilitas berikut ini!
     1.  Alih profesi seorang pedagang menjadi pegawai.
     2.  Kenaikan pangkat pegawai negeri sipil dan ABRI.
     3.  Keberhasilan seorang lulusan SMA masuk perguruan tinggi negeri.
     4.  Ikatan Dokter Indonesia mempunyai tata kerja yang mantap.
     5.  Gaya hidup pejabat berbeda dengan gaya hidup seniman.
     Berdasarkan pernyataan di atas yang termasuk saluran mobilitas vertical ditunjukkan oleh nomor … .
     a.  1 dan 2
     b.  1 dan 5
     c.  2 dan 3
     d.  3 dan 4
     e.  4 dan 5

11.   Dari kanak-kanak berubah menjadi remaja, kemudian orang dewasa. Hal itu merupakan contoh dari perubahan sosial secara … .
     a.  nature
     b.  culture
     c.  nurcure
     d.  antargenerasi
     e.  vertical

12.   Perhatikan pernyataan berikut ini!
     1.  Perubahan kondisi sosial.
     2.  Ekspansi territorial dan gerak populasi.
     3.  Spesialisasi pekerjaan.
     4.  Perbedaan rasial dan agama.
     5.  Tingkat fertilitas yang berbeda.
     Dari pernyataan di atas, yang merupakan factor pendorong mobilitas sosial, yakni pernyataan nomor … .
     a.  1,2, dan 3
     b.  1,2, dan 4
     c 1,2, dan 5
     d.  2,3, dan 4
     e.  3,4, dan 5

13.   Perhatikan pernyataan berikut ini!
     1.  Perbedaan ras dan agama.
     2.  Diskriminasi kelas dalam system kelas terbuka.
     3.  Pembagian kerja yang belum spesialisasi.
     4.  Perbedaan gender dalam masyarakat.
     5.  Situasi politik yang terbuka.
     Dari pernyataan di atas, yang merupakan factor penghambat mobilitas sosial, yakni pernyataan nomor … .
     a.  1,2, dan 3
     b.  1,2, dan 4
     c.  1,3, dan 4
     d.  2,3, dan 4
     e.  3,4, dan 5

14.   P. Taqiyudin Anabhahani adalah seorang guru yang professional. Kinerja yang bagus, tepat waktu bahkan berkali-kali terpilih sebagai guru teladan. Mengingat prestasinya yang menonjol, beliau diamanahi sebagi ketua PGRI tingkat Kabupaten Pasuruan. Organisasi yang diamanhkan oleh beliau yakni merupakan salah satu saluran mobilitas sosial bidang … .
     a.  lembaga keagamaan
     b.  lembaga pendidikan
     c.  organisasi politik
     d.  organisasi ekonomi
     e.  organisasi keahlian

15.   Pada dasarnya, setiap konflik ingin menguasai atau mengalahkan pihak lawan. Bagi pihak-pihak yang berkonflik, jika menyadari bahwa konflik itu merugikan kelompoknya, akan timbul rasa toleransi atau saling menghargai. Pernyataan tersebut dinamakan … .
     a.  konflik antarkelas
     b.  konflik antarkelompok sosial
     c.  konflik antar generasi
     d.  konflik antar suku
     e.  penyesuaian kembali.

16.   Ada sebuah cerita Budi adalah seorang anak pembantu di rumah P. Hasan. Beliau mempunyak anak yang bernama Agus, karena mereka seusia maka Budi dan agus sama-sama sekolah. Suatu waktu Agus merasa tidak butuh akan pendidikan cukup lulus SMA, akan tetapi Budi dengan niat yang tinggi meneruskan kuliah hingga sarjana. Suatu hari hari Budi melamar pekerjaan di sebuah perusahaan dan ia diterima di bagian personalia. Kondisi berubah antara Budi dab Agus timbulah rasa permusuhan. Dari peristiwa di atas terjadilah konflik yang disebut … .
     a.  konflik antar kelas
     b.  konflik antarkelompok sosial
     c.  konflik antargenerasi
     d.  konflik intragenerasi
     e.  konflik antarinduvidu

17.   Pernyataan berikut ini yang dapat memacu langsung terjadinya mobilitas sosial yakni .. .
     a.  terpilihnya kembali Presiden Soeharto periode ke-6
     b.  pengiriman pasukan perdamaian PBB ke Bosnia – Serbia
     c.  perpindahan para petani dari desa ke kawasan industry
     d.  sumbangan dari para dermawan ke daerah bencana banjir di Kraton
     e.  penerimaan siswa baru di SMA Negeri 1 Kejayan

18.   Konflik antarkelas sosial dapat terjadi karena … .
     a.  kelas sosial tinggi, senang memamerkan kekayaannya
     b.  kelas sosial rendak, kerap kali mengadakan unjuk rasa
     c.  kelas sosial tinggi, senang berfoya-foya
     d.  kelas sosial rendah sulit mencukupi kebutuhan hidupnya
     e.  terganggunya kesimbangan antara kepentingan induvidu-induvidu dan kelompok

19.   Contoh mobilitas vertical social climbing di bidang pendidikan yakni … .
     a.  Gayatri mendapatkan promosi jabatan sebagai manager di kantornya
     b.  di antara teman sekelasnya hanya Rafly yang diterima di PT negeri
     c.  Ardi mendapat keuntungan dari menjual pakaian
     d.  Sarah dapat membeli sepeda yang baru setelah sepedanya rusak
     e.  Danar berhasil mengembangkan ternak ayam

20.   Sifat mobilitas kelompok atas berbeda dengan mobilitas pada masyarakat kelompok bawah, karena kelompok atas … .
     a.  pekerjaannya didasarkan pada keahlian dan masyarakat bawah berdasarkan hak milik tanah
     b.  pengawasannya lebih ketat, kelompok bawah pengawasannya lebih longgar dan bebas
     c.  masyarakatnya homogeny dalam pendidikan dan kelompok bawah heterogen pendidikannya
     d.  motivasi kerja berkaitan dengan kesempatan yang luas dan kelompok bawah memiliki kemampuan terbatas
     e.  sistem kepercayaan berpegang teguh pada tradisi dan kelompok bawah spontanitas



Tidak ada komentar:

Posting Komentar